EDUCATION CENTER

Hanya 5 Menit Instalasi WordPress

Tulisan ini masih merupakan kelanjutan dari artikel yang pernah saya tulis untuk menginstalasi WordPress pada komputer pribadimu. Bagi yang belum membaca silakan lihat dulu persiapan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum langkah demi langkah instalasi WordPress dilakukan pada tulisan artikel sebelumnya “Cara Mudah dan Cepat Instalasi WordPress

Setup Database MySQL

WordPress membutuhkan database MySQL untuk menyimpan data, mari kita membuatnya terlebih dahulu. Silakan buka browser kamu dan arahkan ke http://localhost/phpmyadmin. Masukkan user root dengan password “kosong” apabila kamu belum mengganti kata sandinya, jika sudah diganti silakan sesuaikan.

Pertama kali saran saya adalah membuat sebuah user terlebih dahulu untuk menangani semua database yang kamu butuhkan nantinya dan jangan gunakan root. Berikut langkahnya (untuk tampilan bahasa Inggris):

  1. Klik menu “Privileges
  2. Pilih menu “Add New User
  3. Masukkan informasi login seperti User name, Host (harus Local: localhost) dan Password 2 kali lalu klik tombol “Go“.
  4. Setelah berhasil dibuat kamu bisa kembali lagi ke halaman utama lalu buatlah sebuah database baru, sebagai contoh saya berikan nama database-nya adalah WordPress.
  5. Setelah sebuah database berhasil dibuat, saatnya untuk mengkoneksikan user yang telah dibuat terhadap database yang juga telah kita buat. Caranya silakan klik menu “Privileges” lalu pilih nama user tersebut lalu cari pada bagian “Database-specific privileges – Add privileges on the following database:“. Carilah nama database WordPress tadi kemudian kamu akan dibawa ke bagian seperti terlihat pada gambar.
  6. Minimal kamu wajib untuk mencentang seperti yang terlihat juga pada gambar.
  7. Terakhir adalah langkah untuk me-reload setting-an yang telah kamu buat dengan cara kembali ke halaman utama phpMyAdmin lalu klik menu “Reload Privileges

Sampai disini setup database telah selesai, untuk mengujinya silakan logout kemudian login-lah menggunakan user dan password baru kamu. Apabila berhasil terlihat database WordPress maka kamu sudah siap untuk melanjutkan instalasi WordPress.

Instalasi WordPress Dalam 5 Menit

WordPress terkenal dengan istilah proses instalasi yang sangat cepat. Katanya sih gak sampai 5 menit sudah beres, coba saja kamu buktikan!.

Silakan ekstrak file WordPress yang telah kamu download dan tempatkan pada folder c:\xampp\htdocs, pastikan kamu meletakkan folder file-file WordPress disana. Sehingga struktur direktorinya akan menjadi c:\xampp\htdocs\wordpress.

Dalam contoh berikut saya menggunakan WordPress versi Bahasa Indonesia.

  1. Buka browser favoritmu dan ketikkan pada jendela alamat: http://localhost/wordpress. Layar akan tampak seperti gambar di bawah. Penting untuk diperhatikan bahwa WordPress menggunakan sebuah file PHP untuk menyimpan informasi database MySQL yaitu file wp-config.php. Karena file tersebut belum dibuat maka munculah halaman tersebut. Jangan khawatir lanjutkan saja dengan klik “Ciptakan Berkas Konfigurasi“.
  2. Selamat datang di WordPress“, ini adalah halaman berikutnya yang akan kamu temui seperti terlihat pada gambar berikut. Pastikan kamu telah mengetahui secara pasti informasi database MySQL seperti nama database, user dan password-nya. Klik tombol Ayo! jika telah siap.
  3. Masukkan Nama Basis Data, Nama Pengguna, Kata Sandi (Password), Host Basis Data, Awalan Tabel (Table Prefix). Untuk Host Basis Data silakan isikan dengan localhost, sedangkan untuk Awalan Tabel silakan gunakan inisial default-nya yaitu wp_ atau bisa tentukan sendiri inginnya seperti apa asalkan berkesan unik. Lanjutkan dengan klik tombol “Kirim“.
  4. Jika semuanya sudah benar maka kamu telah siap untuk memulai instalasinya dengan cara klik tombol “Menjalankan Instalasi“.
  5. Tunggu sejenak tapi jangan kemana-mana karena proses ini sangat cepat dan layar akan berganti ke halaman “Selamat Datang” kembali. Isikan informasi Judul Blog yang kamu inginkan lalu ketik e-mail kamu dengan benar lalu tekan tombol Instal WordPress.
  6. Ok sampai disini kamu akan mendapatkan informasi user yaitu admin dengan level Administrator dan password acak yang telah dibuatkan oleh WordPress. Silakan gunakan user dan password tersebut untuk Masuk-Log pertama kali.

Hingga no. 6 di atas instalasi WordPress sudah selesai dilakukan dengan sukses. Tapi tunggu dulu! jangan lupa untuk segera mengganti password acak user admin tadi dengan password bikinan kamu sendiri. Bagaimana jika lupa menggantinya? bahkan kamu juga lupa dengan password acak tadi? jangan khawatir silakan cek e-mail kamu karena disana akan ditemukan informasi user admin beserta password-nya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s